Keluarga Siaga Bencana


Bencana bisa datang secara tiba - tiba, tanpa peringatan dan kapan saja. Bencana juga memaksa setiap orang keluar rumah untuk mengungsi, terisolasi atau bahkan menjadi korban. Apa yang dapat dilakukan, jika kebutuhan dasar seperti air, listrik, atau telepon terputus?

"Pemerintah kota, kabupaten, provinsi dan pusat tidak dapat berbuat banyak dengan keadaan ini. Mereka juga tidak dapat menjangkau semua orang yang terkena bencana dalam waktu singkat"

Bagi setiap keluarga sebaiknya menyediakan kebutuhan dasar seperti menyediakan air bersih, lampu portable, baterai, PowerBank. Selain itu kebutuhan dasar makanan seperti mie instan, ikan kaleng, biscuit, dan pakaian seperti: pakaian, pakaian dalam, selimut, dan dokumen berharga.

"Keluargalah yang dapat mengatasi bencana dengan menyediakan kebutuhan selama terjadi bencana. Kemudian bekerjasama dengan tetangga sebagai suatu tim regu,"

Bagaimana menyusun kesiapan keluarga hadapi bencana?

family in disaster
Ada empat langkah keselamatan yang menjadi dasar dalam penyusunan layanan kesiapan keluarga hadapi bencana :

1. Temukan apa yang dapat terjadi dengan keluarga dan anggotanya.
Keluarga dapat bersiap siap menghadapi bencana yang potensial terjadi dengan memprediksikan kemungkinan resiko yang akan diakibatkan oleh bencana. Banyak bertanya ke Pusat Informasi  atau Institusi yang bertanggungjawab  penyelenggara penanggulangan bencana yang terdekat mengenai beberapa hal yang dapat dilakukan. bisa juga mencari informasi di internet.

2. Membuat kesiapan keluarga hadapi bencana.
Begitu mengetahui wilayah anda termasuk rawan bencana, diskusikan dengan tetangga dan para remaja ataupun seluruh penduduk sekitar tentang langkah langkah yang dapat dilakukan.

3. Lengkapi daftar kebutuhan keluarga dan anggotanya.
Ambil langkah-langkah dalam mendiskusikan daftar kebutuhan dalam membuat kesiapan keluarga hadapi bencana.

4. Mempraktikkan  Kesiapan .
Hal ini akan membantu insting setiap anggota keluarga. Tinjaulah kembali kesiapan yang telah disusun, dan jika perlu ubahlah sesuai dengan keadaan.

Mengetahui apa yang dapat dilakukan oleh setiap keluarga untuk perlindungan anak dan tanggung jawab mereka.  Hal inilah yang dapat dilakukan melalui belajar lebih banyak mengenai kesiapan keluarga hadapi bencana.

Belum ada Komentar untuk "Keluarga Siaga Bencana"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel